Pemerintah Salurkan KUR Peternakan Rakyat Rp21,29 Miliar Secara Serentak

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus peternakan rakyat sebesar Rp21,29 miliar kepada 205 debitur secara serentak ke enam daerah.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menyampaikan total penyaluran KUR Peternakan Rakyat yang disalurkan khusus pada Sabtu (10/2) sebesar Rp21,29 miliar kepada 205 debitur.

Kementan lepas ekspor obat hewan ke Vietnam

Kamis, 7 Februari 2019

Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melepas ekspor perdana obat hewan sebanyak enam ton dengan nilai Rp2,4 miliar ke Vietnam.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Fini Murfiani saat melepas ekspor perdana di Kawasan Industri Tekno Blok L, Tangerang, Banten, mengatakan PT Nutricell Pasific menambah daftar unit usaha Indonesia yang mengekspor obat hewan ke Vietnam.

Impor 100.000 Ton Jagung di Akhir 2018, Mentan: untuk Peternak

Rabu, 06 Feb 2019
Jakarta - Pemerintah membuka keran impor jagung. Kebijakan membuka keran impor ini diambil untuk menutup kekurangan pasokan jagung bahan baku pakan untuk peternak.

"Dulu pada tahun 2014 kita impor 3,53 juta ton nilainya Rp 10 triliun, kemudian 2017 tidak ada impor jagung. Kemudian di akhir tahun kita impor jagung 100 ribu ton, karena untuk menyelamatkan peternak kita yang sebanyak 2,5 juta orang," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di sela acara panen raya jagung di Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Rabu (6/2/2019).

Bulog Mulai Distribusikan Jagung Impor untuk Peternak

Jumat 25 Jan 2019

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mulai mendistribusikan jagung impor untuk peternak ayam. Kurang lebih 75 ribu ton jagung asal Brasil tiba di Indonesia melalui sejumlah pelabuhan.

Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar Utomo menjelaskan keputusan impor jagung ini berdasarkan rapat koordinasi terbatas Kementerian Perekonomian beberapa waktu lalu. Pemerintah akan mendatangkan 100 ribu ton jagung impor untuk mengisi kekosongan stok selama musim hujan.

"Sebanyak 75 ribu ton jagung impor sudah tiba, di antaranya melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten, sebanyak 13 ribu ton, serta 62 ribu ton di Teriminal Teluk Lamong, Surabaya," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/1).

Dia memastikan jagung impor yang telah tiba di Tanah Air langsung didistribusikan kepada peternak ayam. Bulog melepasnya seharga Rp 4 ribu per kilogram dari gudang.

"Pembagiannya untuk peternak di Jawa Timur menjadi prioritas karena salah satu basis peternak ayam terbesar berada di Blitar," katanya.

Selain itu juga didistribusikan untuk para peternak di Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. "Jagung impor ini kami distribusikan kepada peternak ayam untuk menjaga agar harga daging ayam dan telur di pasaran tetap stabil. Alhamdulillah harga daging ayam sampai sekarang masih stabil di kisaran Rp 30 ribu per kilogram. Begitu juga harga telur masih stabil Rp 18 ribu per kilogram," paparnya.

Bachtiar mengungkapkan ketersediaan dan kebutuhan jagung nasional sebenarnya sangat mencukupi dari hasil tanam petani lokal yang rata-rata menghasilkan di atas 20 puluh juta ton per tahun. Sedangkan kebutuhan jagung nasional sekitar 12 juta ton per tahun.

"Tahun lalu kami mengekspor 300 ribu ton lebih, yang artinya produksi jagung dari petani lokal sebenarnya berlimpah. Sekarang pemerintah menyatakan perlu impor karena memasuki musim hujan memaksa masa tanam jagung mundur dan beberapa petani diketahui gagal panen," ucapnya.

Page 1 of 8

© 2018 Indo Livestock Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama. All Rights Reserved.